Perpustakaan di Sydney

Setelah sebelumnya dibahas tentang perpustakaan yang ada, sekarang sebagai perbandingan dengan tulisan sebelumnya, maka akan dibahas tentang perpustakaan di Sydney, Australia.

Australia terdiri atas negara bagian (State). Negara bagian mempunyai perpustakaan sendiri. Selain itu kota (city) juga mempunyai perpustakaan sendiri yang berbeda dengan perpustakaan State. Hal tersebut dianalogikan sama dengan Indonesia dimana terdapat perpustakaan propinsi dan perpustakaan kota/kabupaten.

State Library

Perpustakaan State (State Library) berada ditengah kota Sydney yang berdekatan dengan Sydney Opera House. Perpustakaan ini terdiri dari 2 (dua) gedung yang berbeda fungsinya.

Apabila kita masuk kedalam, maka akan kita dapati fasilitas yang ada sangat lengkap. Meja dengan komputer dan lampu belajar (sayangnya tidak difoto), sofa, dan juga locker tempat menyimpan tas yang disewa dengan memasukkan koin. Apabila anda membawa buku sendiri dan membawa laptop untuk belajar, akan sangat menyenangkan berada disini.

Untuk koleksi, buku yang tersedia sangat banyak dan dapat dicari dengan katalog secara daring ataupun katalog fisik. Sebagai contoh katalog fisik adalah dengan tema terkait Indonesia dengan koleksi tulisan dari sebelum kemerdekaan dengan gambar sebagai berikut:

Katalog Indonesia Buku

Katalog Buku Indonesia

Selain itu terdapat ruang galeri (yang sayangnya waktu itu sedang tutup) dan ruang Shakespeare. Ruang Shakespeare dibuat menyerupai ruangan yang didedikasikan oleh kerajaan Inggris kepada sang sastrawan. Ornamen-ornamen dalam ruangan menarik untuk dilihat seperti misalnya simbol bunga para bangsawan dalam war of the roses.

City Library

Perpustakaan kota Sydney mempunyai 9 cabang yang berada di area sekitar kota Sydney. Akan sangat mudah menemukan masing-masing perpustakaan tersebut dengan berjalan kaki.

Fasilitas dalam perpustakaan sangat lengkap dengan meja, kursi, sofa, komputer, wifi, dsb. Anda diperbolehkan membawa minuman ke dalam. Anda bisa meminjam buku/CD/DVD/Majalah/Mainan dan sebagainya dengan jangka waktu 3 minggu sebanyak 30 item. Kalau Anda suka menonton film, saya kira 30 film akan membuat anda hanya akan menghabiskan waktu di kamar. Anda dapat memperpanjang peminjaman secara daring. Selain itu, Anda bisa mengembalikan barang yang Anda pinjam dimanapun diantara kesembilan cabang ini walaupun anda meminjamnya di tempat yang berbeda.

Nah menarik bukan? Untuk menjadi anggota, Anda hanya perlu menunjukkan identitas yang ada (bisa paspor) dan bukti alamat (bisa rekening, listrik dsb). Jadi Anda tidak perlu memfotokopi dokumen tersebut dan menyerahkannya namun hanya perlu menunjukkan saja (mudah-mudahan perpustakaan kita juga bisa begitu).

Perpustakaan kota juga menyediakan buku, CD, Video dengan beragam bahasa misalnya Jepang, Vietnam, Thailand, termasuk Indonesia. Jadi apabila Anda ingin membaca buku dalam bahasa Indonesia Anda akan dengan mudah mendapatkannya disini.

Buku Indonesia City Library

Simpulan

Sangat menarik untuk mempelajari bahwa kepedulian terhadap budaya membaca (dan belajar) sangat difasilitasi dengan layanan perpustakaan yang lengkap (yang tentunya dibiayai oleh anggaran dari pemerintah yang berasal dari pajak masyarakat). Buku, majalah, CD (termasuk DVD) selalu terdapat terbitan yang baru sehingga anggota perpustakaan (yang juga adalah bagian dari masyarakat) dapat meningkatkan pengetahuan (dan juga seni)-nya. Apabila masyarakat semakin terpelajar, yang mendapat manfaatnya juga adalah bangsa dan negara.

Advertisements

Leave a comment

Filed under Belajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s