Buku Pajak

Buku Pajak Indikator Kepedulian
Kepedulian terhadap pajak sangat tinggi di Indonesia. Hal tersebut dapat kita lihat dari banyaknya diterbitkan buku-buku baru yang membahas tentang perpajakan. Fenomena tersebut sangat kontras apabila kita bandingkan dengan kondisi sepuluh tahun yang lalu dimana terbatasnya buku perpajakan yang dapat dijadikan referensi.

Pendekatan yang dilakukan dalam penulisan buku juga sangat beragam. Ada yang menggunakan pendekatan teoritis dan filosofis terutama dikaitkan dengan pengenaan pajak. Sebagai contoh, banyak buku yang membahas tentang konsep keadilan, pajak dari perspektif agama maupun pajak dari sisi ilmu hukum dan ekonomi. Selain itu, terdapat pula buku-buku yang menggunakan pendekatan praktis secara langsung, misalnya panduan pengisian spt, pajak untuk usaha tertentu dan sebagainya.

Banyaknya penerbitan buku-buku pajak merupakan realitas yang sangat menggembirakan. Hal tersebut menggambarkan bahwa keterbutuhan akan informasi pajak sangat tinggi sehingga (demand) dengan ketersediaan buku yang pada masa sebelumnya masih terbatas sehingga menimbulkan penawaran dari para penulis buku (supply). Selain itu, banyaknya buku pajak menggambarkan struktur masyarakat yang sudah peduli akan peran pajak dan implikasinya bagi diri mereka dan masyarakat tentunya.

Konten Kualitas Buku Perpajakan
Melihat kepada isi buku pajak yang ada, penulis berpendapat bahwa kualitas buku-buku yang ditulis oleh para ahli perpajakan yang melegenda sangatlah sempurna. Hal tersebut akan terasa apabila kita masuk dan menyelami esensi isi buku yang kita baca.
image

Apabila kita membaca buku karangan para pakar pajak zaman dulunya misalnya Prof. R. Santoso Brotodihardjo, SH dengan bukunya Pengantar Ilmu Hukum Pajak maka isi buku merupakan tuangan hasil pemikiran yang sangat dalam dan referensi para ahli perpajakan sebelumnya. Karena ditulis dan disajikan secara mendalam tersebut, maka bukunya ini tak kehilangan esensinya walau era perpajakan sudah banyak terlewati.

Hal yang sama juga dapat kita cermati dalam buku-buku karangan Prof. Dr. H. Rochmat Soemitro, SH misalnya dalam buku Aturan Bea Meterai. Walaupun bukunya sebagian ditulis dengan referensi-referensi terhadap aturan sebelum reformasi perpajakan tahun 1983, namun tetap relevan dengan aturan yang baru karena adanya pemikiran dan pandangan sejarah dalam melihat aturan yang ada sekarang.
image

Apabila kita perbandingkan dengan buku karangan ahli perpajakan internasional, misalnya Brian Arnold dengan karya fenomenalnya International Tax Primer, kita juga bisa melihat hal yang sama. Ada 2 (dua) hal yang menurut pendapat penulis sangat penting terkait buku ini:

1. Selalu Relevan
Aturan tentang pajak internasional memang selalu berubah misalnya sekarang ini program OECD-G20 terkait dengan (Base Erosion and Profit Shifting- BEPS) sangat mengubah peta kebijakan pajak seluruh dunia. Namun, buku ini tetap relevan dan tidak kehilangan makna.

2. Tetap Bermakna walau dibaca berulang kali
Tak seperti buku kebanyakan, buku ini senantiasa mempunyai makna baru ketika dibaca untuk tiap kalinya. Semakin bertambah pemahaman kita akan praktik pajak internasional, semakin kita meresapi apa yang dituluskan dalam buku ini.

Menurut pendapat penulis, penyebab buku-buku tersebut tidak kehilangan relevansinya adalah pertama karena penulis membahas hal-hal fundamental yang tidak akan lekang oleh waktu. Jadi, walaupun fakta bisa berubah, namun pondasi permasalahan tetap sama.

Kedua, dalam membahas hal tersebut, para penulis benar-benar menuangkan pemikiran mendalam yang ditopang oleh latar belakang akademis dan praktik yang dibangun dalam jangka waktu puluhan tahun. Karena kesungguhan menulis dan kapabilitas yang mumpuni, maka pilihan kata sangat sempurna. Setiap kata yang ditulis selalu bermakna sehingga kapanpun membaca lagi, maka selalu ada makna baru atau pemahaman
menjadi semakin dalam.

Penutup
Tersedianya berbagai pilihan buku perpajakan merupakan indikator kepedulian terhadap pajak dan juga
berkontibusi positif bagi peningkatan pemahaman tentang pajak. Buku karangan para ahli pajak sangat berkualitas karena ditulis karena adanya pengetahuan dan pemahaman yang tinggi dan membahas hal-hal dasar terkait pajak.

Leave a comment

Filed under Belajar, Pajak Internasional, PPh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s