Slogan Pajak

Orang Bijak, Taat Pajak

“Orang Bijak Taat Pajak”
Slogan tersebut barangkali sudah akrab di telinga kita bertahun-tahun dulu. Kalimat tersebut bisa di temukan dimana-mana sehingga menjadi sesuatu hal yang terpatri dan tertanam bahwa untuk menjadi bijak kita haruslah taat membayar pajak.

Apa maksud dari slogan tersebut. Ada baiknya kita melihat definisi slogan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sebagai berikut:

“slogan/slo¬∑gan/ n 1 perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu: negara ASEAN berpegang pada — untuk tetap hidup berdampingan secara damai; 2 perkataan atau kalimat pendek yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi golongan, organisasi, partai politik, dan sebagainya: usaha peningkatan kesejahteraan rakyat tetap merupakan — yang selalu memikat”

Dengan demikian, slogan tersebut merupakan sesuatu yang menarik dan mudah diingat untuk menjelaskan dan menanamkan pemahaman bahwa masyarakat perlu sadar untuk taat membayar pajak.

lunasi pajaknya

“Lunasi Pajaknya, Awasi Penggunaannya”

merupakan suatu slogan yang mengajak pembaca untuk ikut berperan serta dalam membayar pajak sesuai dengan seharusnya sekaligus juga ikut peduli untuk mengawasi uang pajak tersebut digunakan untuk apa. Dengan kalimat pendek dan sederhana slogan tersebut mengajak masyarakat mengawasi APBN dan penggunaannya agar tepat sasaran dan tentunya tidak dikorupsi.

“Pembangunan ini terselenggara atas kerjasama Anda membayar Pajak”

kalimat tersebut mungkin sering anda lihat pada plang pembangunan yang dananya berasal dari pemerintah. Kalimat ini dahulu sering kita saksikan di jalan-jalan, namun sekarang mungkin sudah jarang kita lihat. Apakah karena pembangunan sudah jarang? menurut pendapat saya pembangunan yang berasal dari dana pemerintah tetap berlangsung sampai sekarang.

Dalam tahun-tahun gencar-gencarnya program Sensus Pajak Nasional (SPN), gambar si lebah muncul dengan seragam SPN dengan tulisan:

ayo peduli pajak

“Ayo Peduli Pajak”

Para petugas sensus pajak dengan rompi dan topi seragamnya berkeliling dari pintu ke pintu untuk mendata para Wajib Pajak. Slogan tersebut memunculkan kepedulian bahwa pajak adalah dari kita, oleh kita, dan untuk kita.

Slogan berikutnya juga muncul seperti:

bangga bayar pajak

“Bangga Bayar Pajak”. Slogan tersebut menyemangati dan mendorong masyarakat dengan menyemangati bahwa seharusnya pembayar pajak menjadi bangga atas kontribusinya pada negara.

Terkait aplikasi perpajakan yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak, slogan-slogan pun muncul lebih detil seperti

E faktur

“e-Faktur Mudah, Aman, Nyaman” dan

e billing

“Bayar Pajak Lebih Mudah dengan e-Billing”

Apa manfaatnya bagi kita semua? Saya kira banyak. Dengan slogan tersebut, masyarakat akan dipahamkan tentang pajak. Kata-kata yang sederhana dengan slogan lebih mengena dan terserap bagi masyarakat.

Dengan slogan, tertanam suatu informasi yang masuk dalam alam bawah sadar pembaca sehingga hal tersebut menjadi semacam penanaman informasi secara hipnotis yang baik bagi masyarakat.

Tapi, pada akhirnya kepedulian masyarakat terhadap pajak akan lebih terbentuk apabila masyarakat mempunyai pemahaman akan fungsi dan manfaat pajak. Masih banyak masyarakat yang menganggap atau malah tidak tahu bahwa pajak adalah darah bagi tegaknya republik. Banyak yang belum sadar darimana dana berjalannya program-program pemerintah. Oleh karena itu pemberian informasi akan hal tersebut perlu lebih diintensifkan baik bagi generasi masa datang melalui sekolah dengan masuk dalam kurikulum serta melalui pesan-pesan dan program sosialisasi kepada masyarakat.

Leave a comment

Filed under Belajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s