Resensi Buku: A Brief History Of Taxation

A brief history of taxation

Pengarang: Samuel Blankston

Tahun: 2007

Buku ini berisi ringkasan tentang sejarah dikenakannya pajak dari berbagai rezim di dunia dari masa ke masa. Bahasan awal dimulai dari Periode Mesir yang merupakan kebudayaan terlama di dunia yaitu 3000 SM dan pada bagian terakhir dibahas tentang sejarah perpajakan di Amerika Serikat sampai dengan dibuatnya buku yang bersangkutan

Bahasan sistem pemajakan yang ada:

1. Mesir (3000 SM s.d. 300 M)

2. China (2100 SM s.d. 1911 M)

3. Yunani (1600 SM s.d. 146 M)

4. India (300 SM)

5. Kerajaan Inca (1400 M s.d. 1600 M)

6. Imperium Romawi (753 SM s.d. 663 M)

7. Inggris (410 SM s.d. 1816 M)

8. Amerika Serikat (1660 M s.d. )

Menjadi sangat menarik, misalnya mengetahui bagaimana Fir’aun mengorganisasi para ‘scribers‘ untuk mengumpulkan pajak dan hukuman bagi yang tidak membayar pajak adalah dipukuli atau hukuman mati. Bagaimana para wajib pajak pada era Fir’aun menghindari pajak dengan menggunakan minyak untuk memasak berkali-kali dan bagaimana para ‘scribers’ menggeledah rumah untuk mencari rakyat yang menggunakan minyak bekas dan memaksa untuk menggunakan minyak baru yang berarti harus membayar pajak. Hal yang menarik lainnya adalah penggunaan mata-mata yang digunakan untuk mengawasi petugas pajak dan penguasa lokal. Dengan sistem tersebut terjadinya penggunaan pajak untuk kepentingan pribadi pemungut pajak dapat diminimalisir dan terdapat hukuman yang berat apabila pengumpul pajak tidak menyetorkan pajak yang telah dia pungut.

Kelebihan:

Pertama, buku ini membahas tentang gambaran singkat berbagai kebudayaan dengan sistem pemajakannya. Bahasan tersebut sangat berguna dalam memahami ikhtisar sejarah perpajakan di berbagai belahan dunia.

Kedua, buku ini membahas secara detil tentang sejarah perpajakan di Amerika serikat sejak awal kolonialisme Inggris atas Amerika sampai dengan periode modern di Amerika Serikat. Penjelasan secara detil dari sisi pemajakan dan sentuhan historis implikasi perang terhadap tarif pajak serta juga tentang administrasi pajak misalnya tentang perubahan the Bureau of Internal Revenue (BIR) menjadi Internal Revenue Service (IRS). Terdapat juga pembahasan tentang bermacam jenis pajak yang dikenakan. Bagi yang ingin mempelajari tentang sistem perpajakan di Amerika Serikat perlu untuk membaca secara rinci bagian ini untuk menambah pemahaman akan sistem perpajakan yang ada.

Ketiga, buku ini membahas tentang pengenaan pajak dan kaitannya dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi berkaitan dengan situasi politis dan ekonomi. Misalnya bagaimana ketika terjadinya perang dunia kedua, di negara Amerika Serikat pajak penghasilan atas orang pribadi untuk batasan penghasilan tertentu dikenakan dengan tarif sampai dengan 95 persen untuk membiayai perang.

Kelemahan:

Pertama, buku ini membahas tentang sejarah pemajakan bangsa-bangsa didunia tersebut tanpa adanya referensi sumber-sumber terkait tulisan tersebut. Pada bagian akhir buku tersebut juga tidak dapat dijumpai buku-buku yang dapat dijadikan rujukan atas tulisan yang dibuat sehingga bisa jadi terdapat kesangsian akan buku ini.

Kedua, buku ini tidak membahas tentang pemajakan atas negara-negara yang menganut sistem civil law dalam era modern namun lebih menonjolkan bahasan dari sisi negara common law dengan bahasan negara modern yaitu Inggris dan Amerika Serikat. Walaupun terdapat bahasan tentang Negara Tiongkok, namun bahasan tersebut lebih kepada tuanya kebudayaan bangsa China dan sistem pemajakan modern di Tiongkok relatif lebih baru dan lebih dipengaruhi oleh sistem-sistem pemajakan yang ada.

Simpulan

Buku ini sangat patut untuk dapat dijadikan sebagai tambahan pengetahuan untuk mengenal lebih dalam sejarah pemajakan dari berbagai bangsa serta implikasi politis dan ekonomi terhadap sistem pemajakan yang ada.

1 Comment

Filed under Belajar, Pajak Internasional

One response to “Resensi Buku: A Brief History Of Taxation

  1. Pingback: Marco Polo dan Pajak | Ramzil Huda's Weblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s