Resensi Buku Saksi Kunci: Kisah Nyata Perburuan Vincent, Pembocor Rahasia Pajak Asian Agri Group

Saksi Kunci

Judul : Saksi Kunci
Penulis : Metta Dharmasaputra
Penerbit : Tempo
Tahun : 2013

Buku ini ditulis oleh Metta Dharmasaputra (Metta) yang merupakan wartawan Tempo yang dipercaya oleh Vincentius Amin Sutanto (Vincent) untuk menceritakan data-data terkait penggelapan pajak yang dilakukan oleh perusahaannya. Interaksi Metta dengan Vincent terkait kasus ini dalam kurun waktu yang relatif lama dan keahlian Metta dalam menyajikan informasi yang ada dengan sangat baik menjadikan buku ini sangat menarik untuk dibaca.

Dalam buku ini, gaya cerita yang dibawakan sangat menarik karena penulis menceritakan semua seluk-beluk peristiwa yang terjadi dengan gaya bicara orang pertama sehingga suasana jadi terasa hidup, dan kita terkesan seakan membaca sebuah novel investigasi. Tambahan lagi buku ini menceritakan bagaimana lika-liku penegakan hukum Indonesia mulai dari Dirjen Pajak, Kepolisian, Kejaksaan, dan Pengadilan. Dengan informasi tersebut bisa didapatkan gambaran secara nyata penegakan hukum di negara kita dari sudut pandang si penulis. Selain itu, buku ini juga menceritakan sisi-sisi humanis yang menyentuh bagaimana perasaan Vincent selama dalam proses hukum terhadapnya, dan juga sisi kehidupan keluarga yang ditinggalkannya di luar penjara.

Secara ringkas buku ini bercerita tentang perjalanan Vincent yang merupakan seorang mantan Group Financial Controller Asian Agri. Berawal dari pembobolan yang dilakukannya terhadap rekening perusahaan tempatnya bekerja ternyata dengan mudah dapat diketahui bahwa dia adalah pelakunya. Karena merasa terdesak, maka dia meminta perusahaan untuk mengampuninya dengan jaminan bahwa dia tidak akan mengungkapkan data penggelapan pajak yang dilakukan oleh perusahaan kepada pihak berwenang. Karena permintaannya tidak dipenuhi, maka akhirnya dia menjadi whistleblower dengan mengungkapkan data-data tersebut yang akhirnya digunakan sebagai salah satu dasar untuk penegakan hukum atas praktik penghindaran pajak perusahaannya.

Dari sisi dunia perpajakan, kasus ini merupakan kasus yang sangat fenomenal karena melibatkan uang dalam jumlah besar, dan merupakan kasus penghindaran pajak yang terbesar dalam sejarah di negara kita. Skema penghindaran pajak dalam buku ini dibahas secara garis besar ada tiga yaitu pembuatan Biaya Fiktif yang dikenal dengan Biaya Jakarta, Transfer Pricing, dan skema Hedging. Penggambaran kasus tersebut dengan lebih jelas dapat menjelaskan kepada masyarakat luas akan implikasi penghindaran pajak terhadap kerugian dalam keuangan negara, dan penegakan hukum atas praktik penghindaran pajak ini juga dapat menjadi perhatian bagi pelanggar bahwa hukum tetap dijalankan.

Buku ini layak untuk diapresiasi karena dapat menceritakan secara detail tentang kasus yang sangat menarik perhatian publik ini yang tidak dapat dipahami secara utuh hanya apabila membaca tulisan sepotong-sepotong di berbagai media. Untuk lebih memahami kasus ini dengan mendalam, buku ini sangat disarankan untuk dibaca.

Leave a comment

Filed under Belajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s