Peringkat dan Sistem Pendidikan

Pendahuluan

Beberapa waktu yang lalu, saya ikut nimbrung percakapan antara dua orang teman tentang berita di JakartaGlobe tentang menurunnya peringkat pendidikan tinggi Indonesia di Asia. Dalam artikel tersebut diulas bahwa Indonesia peringkatnya menurun sementara disaat yang bersamaan China, Hongkong, Singapura dan Korea peringkatnya meningkat.

Dua orang teman tersebut berargumen bahwa sistem pendidikan tinggi di Indonesia masih bisa ditingkatkan dengan peningkatan kualitas mahasiswa, staff dan sarana pendidikan. Peningkatan tersebut tentunya membutuhkan dana yang sangat besar

Saya juga masih ingat beberapa waktu yang lalu lembaga peringkat QS World Ranking mengeluarkan peringkat jurusan akuntansi dimana fakultas akuntansi tempat penulis menimba ilmu tidak masuk dalam lima besar Indonesia, padahal menurut penulis mungkin kualitasnya nomor 1 atau 2 di Indonesia. Sementara itu disaat yang sama, fakultas hukum tempat penulis sekarang menimba ilmu berada pada peringkat lima di dunia.

Tulisan ini akan membahas deskripsi singkat mengenai fasilitas yang bisa didapatkan mahasiswa yang kuliah di luar negeri yang tentunya sangat berkontribusi kepada peringkat universitas. Walaupun peringkat memang bukan segala-galanya, akan tetapi kualitas seringkali tercermin pada peringkat.

Pembahasan

Input Pendidikan

Untuk bisa masuk perguruan tinggi terkemuka, tentunya dibutuhkan catatan hasil akademik yang memuaskan. Catatan nilai akademis seringkali berperan besar dalam menentukan seorang pemohon untuk diterima atau tidaknya walaupun itu tidak mutlak. Selain itu, rekomendasi dari supervisor kadangkala dibutuhkan juga sebagai pelengkap dalam aplikasi menjadi mahasiswa. Sementara itu, hasil tes bahasa inggris berupa nilai IELTS tentunya merupakan prasyarat wajib untuk bisa diterima.

Dengan menentukan kriteria yang selektif untuk menerima mahasiswa, tentunya kualitas input bisa diusahakan didapat sebaik mungkin agar dapat dihasilkan kualitas alumni yang membanggakan.

Fasilitas yang menentukan proses

Perpustakaan

Fasilitas utama tentunya adalah perpustakaan baik fisik maupun online. Fasilitas perpustakaan yang nyaman akan membuat mahasiswa untuk betah belajar disana. Dengan ditunjang buku-buku yang lengkap sebagai referensi. Buku yang dapat dipinjam dalam satu waktu adalah sebanyak 100 judul dengan lama peminjaman sebulan dan dapat diperpanjang selama sepuluh kali. Dengan jumlah sebanyak itu dan rentang waktu peminjaman yang lama, mahasiswa akan terpacu untuk mencari referensi yang lebih lengkap untuk menunjang baik perkuliahan maupun riset yang dilakukannya. Dengan dibolehkannya meminjam buku yang berada pada fakultas lain, maka pilihan referensi juga menjadi lebih banyak bagi mahasiswa. Tambahan lagi, dengan banyaknya judul yang bisa dipinjam, riset juga bisa menjadi lebih mendalam.  Sebagai gambaran karena banyaknya buku yang bisa dipinjam, sudah lazim dilihat banyak mahasiswa membawa koper berisi buku-buku. Buku tersebut biasa diletakkan di meja dengan banyak penanda ‘post-it’ untuk menentukan bagian penting ataupun untuk kutipan.

Selain itu, universitas juga berlangganan jurnal online dan database yang bertujuan untuk menunjang fasilitas pendidikan. Dengan satu akses ke semua basis data online, mahasiswa sangat terbantu untuk menyelesaikan riset yang dilakukan dengan lengkap dan sempurna. Yang menjadi nilai tambah dari basis data ini adalah kelengkapannya. Terdapat banyak sekali basis data yang bisa bisa diakses untuk menunjang penelitian.

Akademik

Staf akademik sangat membantu proses belajar mengajar. Untuk semua mahasiswa diberikan fasilitas berupa kelas tambahan untuk riset berupa pelajaran mengenai referencing, endnote, google advance dan penggunaan Ms Office untuk menunjang pendidikan. Selain itu juga diadakan kelas tambahan yang mengajarkan seluk beluk cara membuat riset dan juga masalah plagiarism. Semua kelas ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa apabila mau.

Selain itu, staf akademik bagian riset juga menyediakan bantuan konsultasi tentang riset yang sedang dilakukan oleh mahasiswa. Untuk mendapatkan jasa bagian ini, mahasiswa harus melakukan booking waktu terlebih dahulu.

Jumlah mata kuliah yang ditawarkan sangat banyak dan bervariatif. Dengan banyak pilihan mata kuliah yang aplikatif, mahasiswa bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

Staff Pengajar

Saff pengajar berupa pengajar dari universitas, praktisi di lapangan kerja dan juga dosen tamu dari negara lain. Kualitas mereka dalam bidang yang mereka tekuni sangat baik karena mereka sangat terspesialisasi dan juga mereka juga sudah punya pengalaman yang banyak di bidangnya. Dosen tamu yang datang juga mempunyai reputasi internasional dan seringkali menjadi konsultan pemerintah atau lembaga-lembaga internasional. Khusus dosen pengajar, mereka sudah menerbitkan banyak buku dan menulis banyak paper tentang bidangnya. Selain itu, dosen pengajar dibayar bukan hanya berdasarkan jam mengajar di universitas. Mereka dibayar seimbang atas waktu mereka mengajar, meneliti dan interaksi sosial. Dengan pola seperti itu, jumlah jam mengajar bisa dikatakan tidak terlalu banyak. Akan tetapi, dengan hal itu, waktu untuk riset dan waktu untuk konsultasi mahasiswa dengan dosen bisa lebih banyak. Selain itu, karena dosen dibayar untuk interaksi lebih membuat dosen untuk bertanggungjawab terhadap waktu konsultasi dengan mahasiswa.

Proses Belajar

Sementara itu, proses belajar yang dilakukan oleh mahasiswa sangat menantang secara akademis. Tugas akademis diberikan berupa pembuatan essay atas topik-topik tertentu yang menstimulasi dan membiasakan mahasiswa untuk menulis secara akademis. Selain itu, ujian diberikan pilihan apakah akan membuat riset paper ataupun take home exam. Untuk pilihan riset paper, mahasiswa dituntut untuk melakukan penelitian yang lengkap dan mendalam atas topik pilihannya karena jangka waktu yang lebih lama sekitar 1-2 bulan. Sementara itu, take home exam harus dilakukan dalam jangka waktu 3 hari dengan jumlah kata 5rb sampai 10rb. Dengan riset paper, bisa dihasilkan lulusan yang menguasai bidang tertentu secara mendalam. Sementara, dengan take home exam, bisa dihasilkan lulusan yang menguasai secara menyeluruh atas materi yang diajarkan.

Mahasiswa yang menghasilkan riset paper dengan kualitas sangat baik akan diberikan nilai tertinggi. Selain itu, fakultas menyarankan untuk mempublikasikan paper tersebut dengan mencantumkan nama universitas. Dengan sistem seperti ini, maka jumlah publikasi berkualitas yang dihasilkan oleh mahasiswa akan sangat banyak. Tambahan pula, sistem ini akan memacu mahasiswa untuk menghasilkan karya yang berkualitas Agar mahasiswa bisa beradaptasi dengan harapan akademik universitas dan juga agar mahasiswa bisa mempunyai gambaran praktek tentang ilmu yang didapat dan praktek dilapangan, maka fakultas mengadakan program mentoring. Dengan program ini, mahasiswa dipasangkan dengan alumni yang sudah bekerja di berbagai bidang yang sesuai dengan ketertarikan mahasiswa.  Mahasiswa diharapkan bertemu beberapa kali dengan alumni tersebut dan berdiskusi tentang  minat mereka. Alumni sangat berbaik hati menjawab pertanyaan mahasiswa. Dengan program ini, tercipta sinkronisasi mahasiswa dengan dunia kerja.

Di fakultas lain, teman juga pernah bercerita bagaimana mereka dibuat tugas kelompok untuk membuat opsi kebijakan yang harus diambil oleh lembaga pemerintah. Setelah selesai, maka lembaga pemerintah diundang untuk mendengarkan presentasi mahasiswa tentang kebijakan tersebut. Hal ini akan lebih mendekatkan universitas ke dunia nyata. Lain halnya dengan teman di lain fakultas, tugas kelompok mereka adalah menemukan solusi untuk memperbaiki branding satu perusahaan. Setelah itu mereka melakukan presentasi atas tugas mereka di depan perusahaan tersebut dan dilakukan penilaian atas solusi mereka. Perusahaan sangat antusias untuk mendapatkan ide baru terkait dengan perusahaan mereka. Dengan sistem seperti ini, mahasiswa dilatih untuk adaptif terhadap kebutuhan dunia kerja.

Kualitas Alumni

Dengan proses seperti ini, alumni yang dihasilkan oleh universitas akan sangat mumpuni. Dengan proses yang ketat dan jaringan terhadap dunia kerja akan menghasilkan alumni yang siap. Pada praktiknya, banyak sekali lulusan University of Melbourne yang berprestasi di bidangnya.

Keterbatasan

Ada beberapa keterbatasan yang muncul dalam paparan diatas. Pertama, penulis tidak mempunyai pengetahuan mendalam tentang sistem pendidikan dan tidak pernah belajar tentang hal tersebut. Kedua, karena hal tersebut, penulis tidak bisa membandingkan antara fasilitas yang didapatkan dari universitas di Indonesia.

Simpulan

Kualitas suatu perguruan tinggi ditentukan oleh kombinasi input, proses dan output. Adalah sangat mudah untuk mengukur suatu output. Akan tetapi, kualitas dari suatu output bersumber dari kualitas input dan proses yang membentuknya. Dengan bahasan singkat ini, kiranya kita bisa berbagi bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita yang tentunya manfaatnya akan kembali kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Wassalam,

Melbourne, 6 Ramadhan, 2013
Efek habis Ujian dan sepulang taraweh.

Leave a comment

Filed under Belajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s