Tax Effective Writing – Menulis Efektif Terkait Pajak

Menyadari bahwa kemampuan menulis sang penulis amat sangat kurang, maka pada hari kamis, 16 Mei 2013 penulis ikut serta dalam launching buku “Tax Effective Writing”. Buku ditulis oleh G T Pagone yang merupakan seorang hakim Supreme Court of Victoria yang juga mengajar di Melbourne Law School.

Isi Buku
Buku tersebut secara garis besar membahas bagaimana menulis yang efektif terkait dengan hak dan kewajiban perpajakan dari Wajib Pajak di Australia. Pada bagian awal, buku tersebut menuturkan cara menulis yang baik dan efektif. Pada bagian-bagian berikutnya dibahas bagaimana bahasa persuasif digunakan dalam tulisan terutama dalam kaitannya dengan proses keberatan sampai banding di high court. Selanjutnya dibahas juga menulis dalam kaitan seseorang sebagai ahli untuk menjadi bukti di pengadilan. Yang menjadi menarik adalah bagaimana dibahasnya cara persuasif dalam menulis dalam kaitannya dengan hubungan dengan kantor pajak dan pengadilan.

Launching Buku
Buku ini diresmikan peluncurannya oleh Michael D’Ascenzo mantan Commissioner (Dirjen Pajak) Australia yang baru saja pensiun. Dimulai dengan penyampaian garis besar isi buku, Michael menyampaikan pandangannya tentang isi buku. Ada dua hal yang menarik terkait pendapatnya. Yang pertama adalah bagaimana dia membandingkan ukuran, tebal dan warna buku ini dengan buku yang ditulis oleh Pagone J sebelumnya yaitu “Tax Avoidance in Australia”. Semua atribut buku ternyata kurang lebih sama sehingga agak sulit menentukan buku yang mana yang berkaitan dengan writing. Malahan buku yang baru ini lebih tebal beberapa lembar daripada buku yang lama. Hal yang kedua adalah kritik terhadap isi buku. Michael menyampaikan beberapa kalimat pada beberapa halaman yang dianggap belum efektif. Kedua hal ini menunjukkan betapa detailnya pemahamannya atas buku yang diluncurkan.

Penulis, tuan Pagone, menyampaikan sambutannya berkaitan dengan buku ini. Selain menyampaikan terimakasih atas pihak-pihak yang terlibat dalam penulisan buku ini, dia juga menyampaikan bagaimana untuk menulis dia harus ke Cambridge untuk ‘sit-in’ disana dan belajar menulis, semuanya atas biaya sendiri. Hal ini menunjukkan suatu keinginan yang tinggi untuk belajar.

Penutup
Kemampuan menulis tidak bisa didapatkan dengan cepat sebagaimana yang disampaikan di buku ini bahwa menulis efektif adalah produk dari waktu, usaha dan pemikiran. Demikian Terima Kasih.

<suatu malam yang dingin di kala musim gugur diwaktu malam di sela-sela mengerjakan ujian di GSA Melbourne : 09.58 pm>

Leave a comment

Filed under Belajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s