Pajak atas Transaksi Keuangan di Negara Uni Eropa

Seminggu yang lalu penulis Alhamdulillah berkesempatan untuk mengikuti seminar yang diselenggarakan oleh International Fiscal Association (IFA) cabang Australia di Melbourne. Tema yang diusung waktu itu adalah pajak atas transaksi keuangan (Financial Transaction Tax – FTT) di Eropa yang disampaikan oleh Prof. Dr. Michael Tumpel dari University of Linz, Austria.

Pembahasan dimulai dengan data GDP anggota G20 tahun 2012 berdasarkan data dari CIA World Factbook 2012 dimana negara Uni Eropa berada pada peringkat pertama disusul oleh Amerika Serikat dan China. Sementara, Indonesia berada pada peringkat 16.

Ide dasar atas FTT yang disampaikan adalah pertama bahwa pajak atas transaksi keuangan dikenai atas transaksi keuangan yang spesifik. Kedua bahwa karena sektor keuangan berkontribusi terhadap krisis finansial yang terjadi sekarang dan atas sektor-sektor yang ‘under-taxation’.

Pajak atas transaksi keuangan sebenarnya bukan hal yang baru.  Sejak dulu kita mengenal adanya Tobin Tax, UK Stamp Duty Reserve Tax, US Stock Transaction Tax, dan lainnya. Sebagai panduan awal, pembaca bisa melihat lebih lanjut Wikipedia sebagai gambaran awal disini

Di Uni Eropa sejak 2011 komisi uni eropa sudah mengajukan “Proposal for a Council Directive” atas sistem FTT. Perlu diketahui bahwa tidak semua negara Uni Eropa setuju atas penerapan pajak ini, sehingga hanya negara yang bersedia berpartisipasi saja yang menjadi anggota.Pada tahun 2013 EU Council memutuskan untuk meningkatkan kerjasama dalam bidang FTT pada 11 negara anggota. Negara-negara tersebut adalah Belgia, Jerman, Estonia Yunani, Spanyol, Prancis, Italia, Austria, Portugal, Slovenia, dan Slovakia yang selanjutnya disebut Participating Member States (PMS). FTT ini sendiri rencananya akan mulai berlaku sejak awal tahun 2014. Oleh karena itu  PMS diminta untuk mensinkronkan dengan aturan negara masing-masing dan mempersiapkan administrasi penerapannya. Prancis, sebelum ketentuan ini sudah menerapkan FTT terlebih dahulu.

Karena pajak ini merupakan pajak atas transaksi keuangan, maka FTT hanya diterapkan atas transaksi keuangan dan yang berhubungan dengan lembaga keuangan (Financial Institution) di negara PMS (FTT Zone). Jadi transaksi yang tidak berhubungan dengan lembaga keuangan ataupun transaksi yang tidak  berkaitan dengan instrumen keuangan di FTT Zone tidak dikenai pajak.

Lembaga keuangan yang dimaksud disini adalah perusahaan investasi, regulated market dan organized trade venue, lembaga pemberi kredit, asuransi dan reasuransi, penjamin investasi kolektif, dana pensiun, investment fund, dan lain-lain.

Tarif pajak atas FTT adalah 0,1% atas transaksi keuangan dan 0,01% atas transaksi derivative.

Berikut adalah ilustrasi tentang kemungkinan transaksi terjadi dan jurisdiksi pemajakannya :

pajak transaksi finansial

Ket :

Ta = dikenai Pajak di State A
Tb = dikenai Pajak di State B

Pada bagan tersebut, terdapat kemungkinan pengenaan pajak oleh dua jurisdiksi atas satu transaksi seperti apabila Lembaga Keuangan yang berada di PMS (Negara A) bertransaksi dengan Lembaga Keuangan yang berada di PMS (Negara B) atas satu sekuritas yang berada di zona FTT. Atas transaksi tersebut dikenai pajak masing-masing di Negara A dan di Negara B. Kemungkinan lainnya bisa dilihat pada tabel.

Dari sisi kebijakan, dengan pengenaan pajak ini, diperkirakan akan dihasilkan penerimaan pajak yang besar. Akan tetapi terdapat juga kemungkinan akan terjadinya kenaikan kos transaksi yang akan berimplikasi pada turunnya likuiditas pasar dan perpindahan kegiatan keuangan ke negara Non PMS.

Bagaimana dengan Pajak atas transaksi keuangan di Indonesia? Akan kita bahas pada seri berikutnya.

Leave a comment

Filed under Pajak Internasional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s